Monday, January 14, 2019

5 Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula



Bahasa Inggris memang menjadi Bahasa yang paling popular di dunia. Lebih dari 150an negara menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat untuk berkomunikasi. Bahkan, bahasa yang satu ini sering digunakan dalam dunia kerja. Salah satu alasan inilah yang membuat banyak orang berbondong-bondong untuk mempelajari bahasa yang berasal dari negeri Ratu Elizabeth itu.
Namun masalahnya, mempelajari Bahasa Inggris tidak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak orang mulai belajar dari tingkat sekolah dasar sampai perguruan tinggi tapi kemampuan berbahasa inggrisnya gitu-gitu saja? Pernah merasa gak, sih? Hayo ngaku!
Lalu bagaimana caranya agar mudah dan cepat mempelajari Bahasa Inggris? Mau tahu cara mudahnya? Baiklah, baiklah. Kali ini saya akan menjelaskan pengalaman saya baik sebagai orang yang belajar Bahasa Inggris dan juga trainer Bahasa Inggris di sekolah dan beberapa perusahaan mengenai cara mudah belajar Bahasa Inggris. Yah, semoga saja bias digunakan sebagai inspirasi untuk belajar Bahasa Inggris.
1  Pelajari kata-kata (vocabulary) yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari

Coba pikirkan kata apa yang sering banyak orang ucapkan setiap hari? Banyak. Kita bisa memulai mempelajari kata yang dekat dengan kehidupan kita. Misalnya sit (duduk), eat (makan), go (pergi), dan masih banyak lagi. Intinya pelajari saja dulu kata-kata seperti itu.

2.       Jangan takut ngomong!

Setelah mempelajari kata-kata tersebut, cobalah untuk membuat sebuah kalimat yang sederhana. Buat lalu ucapkan! Tidak perlu takut salah. Salah dalam belajar adalah bagian dari proses. Toh, kita salah karena memang bukan bahasa kita, kan? Kecuali kalau salah dalam berbahasa Indonesia, itu keterlaluan. Hehe.
3. Ngomong Bahasa Inggris kapan pun dan di mana pun

Saya sering berlatih berbicara di depan kaca. Apa saja sering diucapkan asalkan ada maknanya dalam Bahasa Inggris. Bisa juga saat naik motor atau mobil, ngomong sendiri tentang apa saja. Yah, gunanya agar lidah kita terbiasa. Biar tidak kaku.

4. Sering mendengar Native English ngomong

Banyak sekali media untuk mendengar orang yang bahasa ibunya adalah Bahasa Inggris. Salah satunya adalah youtube. Saya sering mendengar bule ngomong di youtube supaya terbiasa dengan bunyi-bunyi Bahasa Inggris. Selain itu, dengan banyak mendengar penutur asli Bahasa Inggris bisa menambah kosa kata dan frase-frase dalam Bahasa Inggris. Biasanya mereka ngomong, langsung saya tiru.

5.    Jangan banyak-banyak dulu

Lakukan saja dulu 4 cara mudah belajar Bahasa Inggris di atas, jangan banyak-banyak dulu nanti malah pusing. Kalau sudah pusing biasanya rasa malas datang dan akhirnya berhenti belajar. Nah, untuk konsultasi Bahasa Inggris secara gratis bisa add akun Instagram @apenmccalister. Nanti bisa berkonsultasi sepuasnya agar belajar Bahasa Inggris lebih mudah. Ditunggu ya!

No comments:

Post a Comment

5 Tips Menjadi Penerjemah Profesional

Kebutuhan penerjemah baik penerjemah lisan (interpreter) atau penerjemah tulisan (translator) di Indonesia dari tahun ke tahun semakin...