Monday, January 14, 2019

Kota Deltamas: Sebuah Kota Mandiri dengan Sejuta Kemudahan



Ketika kecil dulu, kata orang, kampungku adalah tempat jin buang anak. Kalau ada orang yang ngomong begitu aku hanya menjawab, “Iya juga sih!”. Memang iya. Dari dulu tinggal di kecamatan Cikarang Pusat (dulunya kecamatan Serang), daerah ini memang cukup pelosok. Meskipun daerah ini dekat dengan Jakarta tapi nyatanya sangat tertinggal dibandingkan daerah-daerah penopang ibu kota lainnya. Kalau musim hujan, jalanan akan becek dan berlumpur. Sebaliknya jika musim kemarau tiba, kekeringan merajalela dan debu-debu berterbangan seenaknya.
Dulu, Cikarang Pusat hanya memiliki lio (pabrik batu-bata), sawah, rawa, dan semacamnya. Orang-orangnya pun kebanyakan petani dan sejumlah pengangguran di mana-mana. Yah, saking sedikitnya lapangan pekerjaan di sini. Tapi itu dulu. Iya itu dulu.
Sekitar awal 2000an, semuanya berubah. Aku yang waktu itu masih anak-anak melihat kampungku mulai berubah. Pembangunan demi pembangunan dilakukan. Yah, aku dengar ini akan dibangun sebuah kota mandiri, kota yang nantinya menjadi pusat bisnis dan pemerintahan di Kabupaten Bekasi, Kota Deltamas namanya. Kota yang dikembangkan oleh PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS) dan PT Pembangunan Deltamas ini mengusung kota yang terintegrasi antara hunian, komersial dan industri bertaraf internasional. Nah, sebagai orang asli Cikarang Pusat saya tahu betul betapa banyaknya perkembangan setelah Kota Deltamas hadir.
Kota Deltamas memberikan kemudahan-kemudahan bagi setiap orang. Misalnya saja akses jalan. Jalanan yang dulunya sering becek dan berlumpur kini bermetamorfosa menjadi jalan yang halus dan rata. Dan ngomongin masalah akses jalan, Cikarang Pusat khususnya, dulu sangat ruwet dan jauh ke mana-mana. Kini akses dengan kota-kota lain menjadi sangat mudah dan efisien. Apalagi dengan dibangunnya tol Jakarta-Cikampek KM 37 membuat kemana-mana lebih gampang. Pokoknya semua jadi serba mudah. Nah, selain hal tersebut di atas, apa sih yang membuat Kota Deltamas memiliki banyak kelebihan dan kemudahan-kemudahan? Yuk, kita preteli satu persatu.
1.      Hunian yang nyaman
Selain kemudahan akses, saya melihat Kota Deltamas menawarkan hunian yang sangat mewah dan elegan. Rasa-rasanya ingin sekali tinggal di sana. Ngarep boleh, kan? Namun yang membuat semua orang merasa nyaman tinggal di sana adalah karena hunian berupa cluster dengan system single entry point di mana keamanan terjaga 24 jam. Selain itu, di dalam cluster hunian juga tersedia area untuk berkumpul (taman), children playground dengan tema edutainment dan fasilitas-fasilitas olahraga yang cukup banyak. Gak bisa dibayangkan betapa nyamannya tinggal di sana. Ternyata, di dalam cluster tersebut terbagi menjadi beberapa zona misalnya saja Zona Amerika dan Zona Eropa. Keren, kan? Nuansanya seperti berada di luar negeri.

2.      Area komersial yang lengkap
Lebih dari yang telah dijelaskan di atas, satu hal yang sangat saya sukai, mungkin juga disukai oleh warga perumahan dan warga sekitarnya, adalah banyaknya area komersial. Mulai dari tempat makan, bengkel, bank, minimarket, dan masih banyak tempat-tempat ainnya. Kebutuhan sehari-hari semua orang bisa terpenuhi di sini. Yah, mudah sekali untuk menjangkaunya.
Kota Deltamas sendiri membagi area komersial ini dibagi menjadi 3 kategori yaitu; Main Boulevard (tepat di pinggir jalan utama), Artery Boulevard (terletak di dalam lingkar hunian/distrik), dan Community (terletak di antara cluster). Pada area Main Boulevard sendiri banyak ruko-ruko yang menawarkan beragam kebutuhan. Biasanya orang yang berangkat atau pulang kerja atau sekadar lewat, mampir untuk membeli sesuatu di area tersebut. Kemudian untuk Artery Boulevard dan Community biasanya dimanfaatkan oleh warga perumahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari karena lokasinya yang dekat rumah.
3.      Kawasan industri bertaraf internasional
Selain hunian dan area komersial, sebagai kota mandiri, Kota Deltamas juga membuat area industri bertaraf internasional. Area indsutri sendiri dibagi dalam dua konsep; konsep pertama yakni Greenland Batavia seluas 50 ha yang telah selesai dibangun dan habis terjual, sedangkan konsep kedua yakni Greenland International Industrial Center (GIIC) yang memiliki luas 1,400 ha. Di dalam kawasan industri GIIC sendiri terdapat banyak perusahaan nasional dan multinasional. Kawasan ini bahkan menyerap puluhan hingga ratusan ribu pekerja. Ya, Kawasan industri GIIC menjadi magnet tersendiri bagi kebanyakan orang. Selain sebagai tempat tinggal, kota yang memiliki luas sekitar 3,200 ha juga bisa menjadi tempat bekerja.

4.      Fasilitas yang memadai
a.       Fasilitas Pendidikan
Fasilitas pendidikan menjadi hal sangat penting yang harus bertalian dengan hunian. Ini juga sangat diperhatikan oleh Kota Deltamas. Ya, fasilitas pendidikan di sini memang sangat lengkap mulai dari sekolah dasar hingga universitas. Seperti diketahui, banyak sekali sekolah di area kota berlambang delta ini seperti Sekolah Islam Nur Rahman, Sekolah Pangudi Luhur, SIT Fajar Hidayah, SMK Ananda Mitra Industri hingga tingkat universitas seperti Institut Teknologi Sains Bandung dan K-Duplex (Korean Education Complex-Jakarta International University). Semuanya tersedia dan dapat diakses dengan mudah. Dengan menyediakan fasilitas pendidikan yang lengkap sama saja ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

b.      Fasilitas Kesehatan
Fasilitas kesehatan juga menjadi salah satu fasilitas penting yang harus ada dalam sebuah kota mandiri. Kota Deltamas memberikan fasilitas kesehatan yang cukup memadai dengan adanya klinik yang siap melayani para penghuni kapan saja. Selain itu, Kota Deltamas juga berencana untuk membangun rumah sakit yang akan berada di area komersial.

c.       Infrastruktur
Infrastruktur yang bagus bisa mencerminkan keadaan suatu kota, maka dari itu infrastrukur di kota ini semakin baik. Kota Deltamas memiliki tenaga listrik yang bersumber langsung dari PLN dengan pelayanan premium. Kemudian, untuk mendukung komunikasi, Kota Deltamas juga dilengkapi dengan kabel fiber optic untuk menjamin konsistensi dan kecepatan suara dan koneksi data. Tidak hanya itu, kota ini juga difasilitasi dengan kebutuhan gas untuk masyarakat dan pelaku industri dari PGN. Dan terakhir, pengadaan air bersih yang dikelola dengan baik sehingga menjadikan Kota Deltamas bersih dan sehat.

d.      Pusat Olahraga dan Rekreasi
Ada pepatah mengatakan “Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Memang benar adanya. Untuk mendukung kesehatan, Kota Deltamas menyediakan sarana-sarana olahraga yang cukup baik. Misalnya saja Deltamas Sport Center, Futsal Corner, Malibu Club House dan Pasadena Serenade Swimming Pool. Fasilitas-fasilitas kesehatan tersebut mudah diakses oleh siapa saja yang ingin menjaga tubuhnya agar tetap bugar.

e.       Servis Hotel dan Apartemen
Karena Kota Deltamas memiliki industri bertaraf internasional, hal ini membuat banyak warga asing yang berkunjung setiap harinya sehingga kebutuhan akan hotel dan apartemen cukup besar. Contoh hotel dan apartemen yang tersedia di Kota Deltamas adalah Le Premier Hotel, Sakura Park Hotel, Sancrest Serviced Apartement, dan beberapa hotel lainnya.

f.        Transportasi
Untuk menunjang mobilitas, Kota Deltamas dipermudah dengan adanya akses tol langsung Jakarta-Cikampek KM 37. Untuk bepergian menuju Jakarta, telah tersedia shuttle bus baik dari Kota Deltamas-Jakarta ataupun sebaliknya.
g.      Keamanan
Keamanan selalu menjadi prioritas untuk menciptakan rasa aman dan nyaman kepada seluruh penghuni dan pengunjung Kota Deltamas. Area-area seperti posko cluster, pusat komersial, area industri, fasilitas dan public area selalu dijaga ptugas keamanan selama 24 jam nonstop.

Pada intinya, menurut pandangan pribadi, Kota Deltamas memberikan banyak manfaat bagi Kabupaten Bekasi khususnya Cikarang Pusat. Pantas saja kalau kota ini disebut sebagai kota mandiri yang terintegrasi antara hunian, komersial dan industri bertaraf internasional. Segala kemudahan ditawarkan oleh Kota Deltamas untuk semua kalangan. Semua orang bisa bekerja, tinggal, dan hidup dalam lingkup kota ini. Semuanya serba ada dan mudah diakses. Dengan kemudahan-kemudaha tersebut, tentu saja memanjakan para penghuni dan pengunjungnya. Kota yang aman, nyaman, dan lengkap dengan segala fasilitasnya membuat Kota Deltamas menjadi sebuah kota mandiri yang diidamkan bagi banyak orang.



No comments:

Post a Comment

5 Tips Menjadi Penerjemah Profesional

Kebutuhan penerjemah baik penerjemah lisan (interpreter) atau penerjemah tulisan (translator) di Indonesia dari tahun ke tahun semakin...